Model Keefektifan Digital Content Marketing Pada Jasa Wisata


 

Buku ini merupakan hasil pemikiran penulis dimana  saat ini telah terjadi transformasi digital dalam dunia pemasaran. Tidak hanya pemasaran produk saja namun juga pemasaran pada produk jasa. Oeh sebab itu diperlukan berbagai pemahaman mengenai pemasaran digital sehingga dapat menyusun sebuah strategi yang baik untuk mengikuti trend pemasaran digital. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam keikutsertaan sebuah perusahaan dalam ranah pemasaran digital adalah pembuatan konten digital yang disesuaikan dengan minat dan keinginan dari para calon konsumen. Semakin baik sebuah konten digital maka dapat memengaruhi konsumen untuk membeli sebuah produk atau jasa.

Buku ini difokuskan pada pemasaran jasa terutama jasa wisata. Oleh karena itu diangkat teori-teori yang disesuaikan dengan pemasaran jasa wisata. Salah satunya adalah adanya konsep uses and gratification theory (UGT) yang memungkinkan kita memahami mengenai apa motivasi dari konsumen atau wisatawan dalam mengkonsumsi media digital. Kemudian dari hasil paparan konten digital yang memuat mengenai konsep UGT tersebut diukur efektifitasnya dengan menggunakan model yang diadopsi dari model komunikasi pemasaran yakni AISAS Model.

Konsep dan teori dalam buku ini dapat memberikan pemahaman yang baik untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh wisatawan ketika menyaksikan sebuah tayangan konten digital terutama yang berisi informasi mengenai sebuah tempat wisata. Sehingga wisatawan memiliki pemahaman utuh mengenai sebuah destinasi wisata dan pengelola sebuah destinasi wisata dapat mengangkat  hal-hal apa saja yang ada dalam destinasi wisata untuk makin mempermudah konsumen mengambil keputusan secara cepat untuk datang ke destinasi wisata.

Post a Comment

أحدث أقدم