Buku ini merupakan hasil pemikiran penulis dimana saat ini telah terjadi transformasi digital
dalam dunia pemasaran. Tidak hanya pemasaran produk saja namun juga pemasaran
pada produk jasa. Oeh sebab itu diperlukan berbagai pemahaman mengenai
pemasaran digital sehingga dapat menyusun sebuah strategi yang baik untuk
mengikuti trend pemasaran digital. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam
keikutsertaan sebuah perusahaan dalam ranah pemasaran digital adalah pembuatan
konten digital yang disesuaikan dengan minat dan keinginan dari para calon
konsumen. Semakin baik sebuah konten digital maka dapat memengaruhi konsumen
untuk membeli sebuah produk atau jasa.
Buku ini difokuskan pada pemasaran jasa terutama jasa
wisata. Oleh karena itu diangkat teori-teori yang disesuaikan dengan pemasaran
jasa wisata. Salah satunya adalah adanya konsep uses and gratification
theory (UGT) yang memungkinkan kita memahami mengenai apa motivasi dari
konsumen atau wisatawan dalam mengkonsumsi media digital. Kemudian dari hasil
paparan konten digital yang memuat mengenai konsep UGT tersebut diukur
efektifitasnya dengan menggunakan model yang diadopsi dari model komunikasi
pemasaran yakni AISAS Model.
Konsep
dan teori dalam buku ini dapat memberikan pemahaman yang baik untuk mengetahui
apa yang diinginkan oleh wisatawan ketika menyaksikan sebuah tayangan konten
digital terutama yang berisi informasi mengenai sebuah tempat wisata. Sehingga
wisatawan memiliki pemahaman utuh mengenai sebuah destinasi wisata dan pengelola
sebuah destinasi wisata dapat mengangkat
hal-hal apa saja yang ada dalam destinasi wisata untuk makin mempermudah
konsumen mengambil keputusan secara cepat untuk datang ke destinasi wisata.
Post a Comment