METAMORFOSIS PENDIDIKAN TINGGI: PENGEMBANGAN ARSITEKTUR MENUJU UNIVERSITAS BERJIWA WIRAUSAHA KELAS DUNIA


Dalam era globalisasi dan disrupsi teknologi yang pesat, pendidikan tinggi menghadapi tantangan besar untuk tetap relevan dan berdaya saing. Universitas tidak lagi cukup hanya menjadi menara gading ilmu pengetahuan, tetapi dituntut untuk menjadi katalis inovasi dan penggerak ekonomi berbasis pengetahuan. Konsep universitas berjiwa wirausaha muncul sebagai respons terhadap tuntutan ini, menawarkan paradigma baru dalam menyelaraskan misi akademik dengan kebutuhan masyarakat dan industri (Arroyabe et al., 2022). Transformasi menuju universitas berjiwa wirausaha kelas dunia bukanlah proses yang sederhana. Ia memerlukan perubahan fundamental dalam arsitektur kelembagaan, meliputi aspek pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, tata kelola, dan budaya organisasi. Sebagaimana dikemukakan oleh (Radko et al., 2023).Universitas berjiwa wirausaha dapat didefinisikan sebagai institusi pendidikan tinggi yang telah mengembangkan kapasitas luar biasa untuk melakukan inovasi secara berkelanjutan, mengidentifikasi peluang-peluang baru di berbagai sektor, serta proaktif dalam menciptakan dan memanfaatkan kesempatan yang muncul di lingkungan akademik maupun masyarakat luas. Karakteristik ini tidak hanya terbatas pada aspek bisnis atau ekonomi, tetapi juga mencakup inovasi dalam pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. 

Post a Comment

Previous Post Next Post